Bisnis

Faktor Pendukung Keberhasilan Pengusaha Yang Harus Diketahui

Faktor Pendukung Keberhasilan Pengusaha Yang Harus Diketahui

Ulinx – Ada banyak faktor keberhasilan bisnis yang perlu diwaspadai oleh pengusaha. Tanpa mengetahui faktor-faktor tersebut, perusahaan akhirnya bisa bangkrut.

Karena kewirausahaan adalah dunia yang dinamis, Anda tidak dapat sukses hanya dengan uang. Adaptasi, inovasi dan tentunya sikap pengusaha itu sendiri harus diperhitungkan untuk meningkatkan daya jual usahanya.

Banyak pengusaha gagal karena hanya punya uang. Mereka berpikir bahwa dengan banyak uang mereka dapat membuat bisnis berkembang. Meski tidak semudah itu.

Perlu diingat bahwa ini adalah salah satu faktor yang tidak mendukung keberhasilan suatu usaha, apalagi bagi seorang pengusaha yang memiliki modal besar, tetapi tidak memiliki kreativitas untuk mengembangkan produknya.

Tidak butuh waktu lama, berikut adalah faktor sukses bisnis yang harus dimiliki setiap pengusaha.

1. Pengetahuan tentang kewirausahaan

Yang pertama adalah pengetahuan atau persepsi wirausahawan tentang wirausaha. Kewirausahaan adalah kegiatan menciptakan usaha, menghitung kebutuhan keuangan, untuk mendapatkan keuntungan.

Artinya Anda harus memiliki pengetahuan tentang aktivitas bisnis seperti perhitungan arus kas, alokasi modal, strategi pemasaran dan lain-lain. Terutama yang berkaitan dengan bidang kegiatan yang sedang berkembang.

Banyak orang tidak memiliki faktor penentu tingkat keberhasilan bisnis ini, tetapi untuk menghindarinya, mereka merekrut orang-orang yang dapat diandalkan dalam bisnis untuk diajak bekerja sama.

2. Keterampilan bisnis

Setelah ada pengetahuan, faktor kesuksesan bisnis berikutnya yang perlu Anda miliki adalah bukti penerapan pengetahuan tersebut. Ini disebut keterampilan bisnis. Tanpa keterampilan, bisnis Anda bisa mandek dan Anda bisa gulung tikar dalam waktu singkat.

3. Berani bertindak

Banyak orang ingin menekuni, sayangnya hanya sedikit yang berani bergerak. Siapa yang tidak ingin memiliki bisnis sendiri? Namun, jika Anda hanya memikirkan konsep dan tidak bertindak, Anda tidak berjalan-jalan, itu adalah bisnis.

4. Berani mengambil resiko

Faktor kesuksesan bisnis berikutnya adalah keberanian mengambil risiko. Selain tindakan, keberanian menghadapi kemungkinan terburuk juga menjadi kunci sukses sebagai wirausaha. Contohnya Gojek. Dulu, mungkin masih banyak orang awam tentang teknologi, terutama dalam hal memesan transportasi. Dari kondisi tersebut, Gojek bisa bangkrut dengan sangat cepat.

Tapi ternyata penonton menerimanya. Teknologi yang kompleks dapat disederhanakan sedemikian rupa sehingga memudahkan orang untuk pergi ke mana saja.

5. Percaya diri

Rasa percaya diri juga menjadi faktor keberhasilan dalam berbisnis. Wajar jika Anda memiliki banyak kepercayaan diri karena Andalah yang membangun bisnis dan menjalankannya. Keraguan diri dapat memperumit semua keputusan bisnis.

6. Kreativitas

Persaingan dalam dunia bisnis sangat ketat. Seorang pengusaha harus berhadapan dengan pengusaha lain dalam industri yang sama, bahkan terkadang dengan kualitas produk yang sama. Jika Anda bersaing seperti ini, Anda mungkin merasa sulit untuk berhasil. Oleh karena itu, perlu menggunakan kreativitas untuk membedakan diri Anda dari orang lain.

Menjadi berbeda dan unik memiliki potensi untuk menjaga bisnis tetap berkembang di tengah persaingan yang ketat. Hal ini merupakan faktor penting yang akan menentukan tingkat keberhasilan seorang wirausahawan.

Misalnya, seperti Uniqlo, mereka ada saat ritel sedang booming. Tapi mereka bisa bersaing, karena saat itu semuanya terfokus pada pakaian, sedangkan Uniqlo mencoba hal baru tanpa melupakan produk seperti kaos kaki, topi dan lain-lain.

Apalagi harga produk Uniqlo juga cukup terjangkau, sedikit lebih murah dibandingkan retailer lain seperti H&M dan Zara.

Lainnya:

Monkey business

Manfaat Yang Didapat Jika Berinvestasi Melalui Reksadana

Manfaat Yang Didapat Jika Berinvestasi Melalui Reksadana

Ulinx – Pengertian reksa dana merupakan salah satu hal yang dapat dijadikan sebagai investasi. Reksa dana merupakan salah satu alternatif investasi bagi masyarakat investasi. Khusus investor kecil.

Investor yang menginvestasikan dananya di reksa dana umumnya tidak memiliki banyak waktu atau pengalaman. Mereka tidak memiliki pengalaman untuk menghitung risiko dari investasi yang mereka lakukan.

Reksa dana dirancang sebagai salah satu cara untuk menghimpun dana dari masyarakat. Ini berlaku untuk orang yang memiliki modal. Namun, mereka hanya memiliki pengetahuan dan waktu yang terbatas.

Selain itu, reksa dana juga harus meningkatkan peran investor lokal. Oleh karena itu, mereka dapat berinvestasi di pasar modal Indonesia.

Secara umum reksa dana dapat diartikan sebagai wadah yang digunakan untuk menghimpun dana dari komunitas investasi. Untuk selanjutnya diinvestasikan dalam portofolio efek oleh manajer investasi.

Ada tiga hal yang berkaitan dengan definisi reksa dana di atas. Pertama, ada dana komunitas investor. Kedua, dana tersebut dapat diinvestasikan dalam portofolio efek, dan ketiga, dana tersebut dapat dikelola oleh manajer investasi.

Oleh karena itu, dana yang terdapat dalam reksa dana merupakan reksa dana milik investor. Padahal manajer investasi merupakan pihak yang dipercaya dalam mengelola dana tersebut.

Manfaat Reksa Dana

Reksa dana merupakan salah satu kegiatan ekonomi yang tentunya memiliki banyak keunggulan. Apa manfaat reksa dana? Berikut beberapa manfaat reksa dana, antara lain:

1. Manajemen Profesional

Seperti yang dijelaskan di atas. Dana yang diperoleh dari investor akan dikelola oleh manajer investasi. Dia profesional dan sangat terampil dalam mengelola dana yang terbatas waktu. Manajer investasi memiliki peran yang sangat penting. Khususnya untuk pengelolaan portofolio di reksa dana.

2. Diversifikasi Investasi

Melalui adanya diversifikasi investasi dapat membantu meminimalkan risiko dalam portofolio. Meski begitu, masih belum ada yang bisa mencegah risiko investasi yang ada di reksa dana tersebut.

3. Pengelolaan Dana yang Transparan

Keunggulan reksa dana yang ketiga adalah pengelolaan dana yang transparan. Transparansi informasi dana dari reksa dana dapat digunakan untuk memantau keuangan.

Berkat pengembangan portofolio yang berkelanjutan dan evolusi biaya. Pada umumnya pengelolaan dana tersebut akan diterbitkan sebesar nilai aktiva bersih.

Ini dilakukan setiap pertengahan tahun. Juga merupakan acara tahunan yang berlangsung secara berkala. Oleh karena itu, investor tersebut dapat mengontrol pertumbuhan dana yang diinvestasikan.

4. Likuiditas Tinggi

Likuiditas yang tinggi akan dapat meningkatkan potensi keberhasilan investasi. Investor akan membayarkan saham penyertaannya, sesuai dengan pengaturan yang telah disiapkan. Tujuannya adalah untuk memudahkan pengelolaan keuangan investor.

5. Biaya Rendah

Seperti diketahui, dana di reksa dana diperoleh dari sekelompok investor. Ini dilakukan secara profesional. Orang yang melakukan ini adalah manajer investasi.

Ini akan berjalan seiring dengan kemampuan untuk melakukan investasi. Oleh karena itu, biaya transaksi yang dikeluarkan oleh setiap investor akan cukup rendah.

6. Minim Risiko

Setiap instrumen investasi tentunya akan membawa risiko yang terkait dengan kerugiannya masing-masing. Termasuk dalam reksa dana ini. Namun, minat kuat investor kelas menengah dan atas untuk berinvestasi di reksa dana akan menunjukkan sesuatu. Bahwa risiko kerugian dapat tergolong minimal.

Sumber:

aplikasi investasi reksadana

Tips Keuangan Yang Bisa Kamu Terapkan Di Tahun Ini

Tips Keuangan Yang Bisa Kamu Terapkan Di Tahun Ini

Ulinx – Banyak dari teman – teman mungkin telah dipukuli dengan parah pada tahun 2020, dan beberapa dari teman – teman mungkin telah menerima berkat yang luar biasa. Bagaimana dengan 2022, epidemi covid-19 yang kemungkinan akan segera mengakhiri babak baru dalam struktur keuangan teman – teman? Berikut adalah beberapa keputusan yang mungkin harus teman – teman buat tentang keputusan keuangan di tahun 2022, beserta ulasannya.

1. Melakukan Pelunasan Cicilan yang Ada

Pandemi Covid-19 jelas melanda cukup keras pada tahun 2020, jadi teman – teman perlu mengambil pinjaman agar tetap bertahan. Jika teman – teman memiliki hutang kartu kredit, pertimbangkan untuk melunasinya pada tahun 2022. Ada berbagai strategi yang bisa teman – teman lakukan untuk mewujudkannya, yaitu dengan mencicil atau membayar lunas. Jika teman – teman mengalami masalah dengan pembayaran, pertimbangkan untuk mengambil langkah negosiasi dengan pemberi pinjaman uang.

2. Merancang Perencanaan Pengeluaran

Menurut Lauren Gilbert, manajer kekayaan dan manajer umum saat ini di Wealth With Financial Services, pertimbangkan untuk meninggalkan metode penganggaran tradisional dan sebagai gantinya membuat rencana hemat biaya. “Konsep hidup dengan anggaran daripada anggaran memberi teman – teman lebih banyak kebebasan dan ketenangan pikiran,” kata Gilbert. Mulailah dengan membagi pendapatan bulanan teman – teman menjadi beberapa kebutuhan, dengan memprioritaskan pengeluaran terpenting. Sebagai panduan, mulailah dengan menuliskan minat pertama teman – teman, lalu minat yang tidak terlalu mendesak.

3. Melakukan Otomatisasi pada Tabungan

Salah satu cara termudah untuk menghemat uang adalah dengan menyimpan uang teman – teman sendiri secara otomatis ketika perusahaan mentransfer gaji teman – teman. Ketika teman – teman mentransfer tabungan secara otomatis, teman – teman tidak perlu khawatir tentang berapa banyak uang yang ingin teman – teman keluarkan setiap bulan atau mencoba menabung sedikit. Sebagian besar perusahaan mengizinkan teman – teman memproses penggajian teman – teman secara otomatis sehingga perusahaan yang berbeda dapat membuka akun yang berbeda. Jika tidak, teman – teman mungkin dapat mengatur transfer otomatis dengan bank teman – teman.

4. Siapkan Dana Darurat

Tahun yang tepat untuk mulai menganggarkan dana darurat teman – teman adalah 2022. Para ahli merekomendasikan agar teman – teman menghemat tiga hingga enam bulan biaya hidup dan memulai anggaran rutin dengan membuka rekening tabungan dana darurat. Salah satu cara untuk melakukan ini adalah mengevaluasi pengeluaran teman – teman, menetapkan tujuan tabungan, mengotomatiskannya, dan mencoba meningkatkan tabungan teman – teman.

5. Mulai Melakukan Investasi

Jangan batasi investasi teman – teman pada kontribusi pensiun bebas pajak. Jika teman – teman sudah memiliki rekening tabungan darurat, teman – teman bisa membuat rekening investasi untuk investasi sementara, seperti pensiun atau membeli rumah. Jika teman – teman baru memulai, teman – teman mungkin ingin mempertimbangkan untuk mencari penasihat investasi setelah mempertimbangkan risiko dan keuntungan teman – teman.

6. Meningkatkan Tabungan Pensiun

Menyimpan uang adalah salah satu aspek terpenting dari rencana keuangan yang sehat. Sementara itu, Lorna Sabi, kepala solusi pensiun dan aset pribadi di Bank of America, mengatakan dia dapat menggunakan 2022 untuk memaksimalkan kontribusinya terhadap tujuan pensiun global.

Nah teman – teman itulah tadi beberapa hal yang bisa teman – teman lakukan dalam mengatur keuangan atau finansial teman – teman di tahun 2022 ini. Semoga artikel atau penjelasan di atas dapat bermanfaat, terima kasih telah membaca!

Sumber:

Blog Tentang Bisnis Online

Tips Jika Anda Ingin Menjadi Distributor

Tips Jika Anda Ingin Menjadi Distributor

Ulinx – Perkembangan dunia bisnis atau dunia bisnis yang sangat pesat semakin memudahkan seseorang dalam menjalankan usahanya tanpa harus membuat atau memperkenalkan inovasi produk. Misalnya dengan menjadi distributor. Bahkan ketika barang dijual oleh orang lain, distributor bisa sukses dan menghasilkan lebih banyak omset.

Anda yang baru ingin membangun bisnis menjadi distributor patut menyimak ulasan berbagai distributor berikut yang dikumpulkan dari berbagai sumber agar bisa menjadi distributor yang sukses.

1. Pentingnya distributor

Umumnya, distributor didefinisikan sebagai pihak yang membeli produk dari produsen dan produk tersebut dijual kembali ke pengecer atau langsung ke konsumen akhir.

Ada juga yang berpendapat bahwa distributor dapat berupa perorangan atau badan ekonomi yang bertanggung jawab untuk mendistribusikan produk yang mereka hasilkan, baik berupa barang maupun jasa. Distribusi dapat dilakukan langsung ke pengecer atau ke konsumen akhir.

Oleh karena itu, dapat juga dikatakan bahwa distributor hanya menerima dan mendistribusikan produk siap pakai tanpa modifikasi atau inovasi produk.

2. Sistem keuntungan bagi distributor

Dalam dunia perdagangan, distributor memimpin dalam mendistribusikan produk dari produsen ke pengecer atau konsumen akhir. Menentukan model keuntungan yang dihasilkan sangat sederhana karena ada diskon atau diskon pada harga yang diumumkan pabrikan. Jika distributor membeli banyak produk, semakin besar diskon yang akan dia terima dari produsen.

3. Fungsi utama dan tugas distributor

Distributor berperan sebagai perantara dalam dunia perdagangan, mulai dari produsen hingga pengecer atau konsumen akhir. Oleh karena itu keberadaan distributor sangatlah penting.

Selain itu, distributor mempunyai tugas yang tidak sederhana dan cukup kompleks, antara lain membeli produk, menyimpan produk, menjual, mengangkut produk, mengklasifikasikan produk, memberikan informasi segala hal yang berkaitan dengan produk, melakukan promosi produk.

4. Ketahui jenis distributor

Perekonomian dunia tidak hanya berfokus pada perdagangan produk berupa barang, tetapi juga pada jasa. Begitu juga dengan distributor. Sampai saat ini distributor yang terkenal adalah distributor yang hanya mengurusi produk berupa komoditas. Padahal, distributor juga memiliki beberapa tipe lainnya, seperti:

Perusahaan yang mendistribusikan barang

Distributor jenis ini biasanya mendistribusikan produk dalam bentuk barang fisik. Selanjutnya distributor pada level ini hanya menjual barang ke pengecer / pengecer. Proses distribusinya cukup lama, dimulai dari penjualan dari produsen hingga distributor. Distributor mendistribusikan barang terlebih dahulu ke pengecer dan kemudian ke konsumen akhir.

Distributor jasa

Distributor jenis ini hanya mendistribusikan produk sebagai jasa. Proses distribusi relatif singkat, dimulai dengan produsen menjual produknya ke distributor dan berakhir langsung ke konsumen akhir.

Perusahaan distribusi swasta / perorangan

Distributor jenis ini sering dikenal para pemain MLM (Multi Level Marketing). Proses distribusi dibagi menjadi dua jenis. Mulai dari produsen, hingga distributor swasta, lalu ke konsumen akhir. Kedua, dimulai dari produsen dan sampai ke distributor swasta, kemudian dikirim ke distributor swasta lainnya dan kemudian ke konsumen akhir.

5. Rantai distribusi produk itu penting

Rantai distribusi produk selalu terhubung dengan proses pemasaran. Jika proses pemasaran perusahaan berjalan lancar, rantai pasok akan terus berlanjut.

Dapat diartikan bahwa pemasaran merupakan salah satu kunci sukses bisnis. Untuk itu, pemasaran merupakan proses yang tidak bisa dianggap enteng. Tanpa pemasaran yang baik, mustahil menjalankan bisnis Anda dengan lancar.

Sebagus apapun kualitas produk yang Anda buat, tidak bisa dijual dalam jumlah yang maksimal jika tidak ada proses pemasaran yang optimal.

6. Miliki strategi perdagangan

Menjadi distributor sebenarnya bisa menjadi langkah awal dalam memulai bisnis atau bisnis dari nol. Namun demikian, sebagai distributor juga harus memiliki strategi bisnis yang matang untuk menarik banyak konsumen, mengingat persaingan antar distributor juga saat ini sangat terbatas. Misalnya dengan promosi yang menarik, menjual barang atau jasa yang menarik, dan lain sebagainya.

Sumber:

Jasa Top Up Paypal

Pengertian dan Cara Kerja Modal Investasi

Pengertian dan Cara Kerja Modal Investasi

Ulinx – Saat berinvestasi, Anda jelas menginginkan investasi modal penghasilan harian yang kecil. Namun, kurangnya informasi tentang ini membingungkan Anda tentang apa yang harus dilakukan.

 

Banyak pertanyaan muncul. Apa itu modal investasi? Bagaimana cara kerja modal investasi? Apa kelebihan dan kekurangannya? Agar Anda lebih memahami tentang modal investasi, berikut penjelasannya.

 

Memahami modal investasi

Investasi bisa dimulai tanpa perlu modal besar. Bahkan dengan modal kecil Anda sudah bisa berinvestasi. Bahkan, jika Anda belajar dengan cepat, Anda dapat melakukan investasi kecil dari keuntungan harian. Namun sebelum kita membahasnya lebih jauh, ada baiknya untuk mengetahui apa itu modal investasi.

 

Secara istilah, modal investasi adalah sejumlah uang yang digunakan untuk membeli aset modal dengan harapan dapat meningkatkan pengembalian di masa depan planning setelah menikah.

 

Investasi modal mengacu pada uang yang dibayarkan untuk membeli barang modal atau membangun aset jangka panjang seperti pabrik dan mesin. Investasi ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas produksi dan mempermudah proses manufaktur perusahaan.

 

Istilah modal investasi juga menunjukkan sejumlah uang yang diberikan kepada perusahaan dengan tujuan menjalankan bisnisnya. Uang itu diberikan dengan pinjaman atau sebagai imbalan atas janji pembayaran kembali atau bagian dari keuntungan di masa depan.

 

Sedangkan menurut Investopedia, pengertian modal investasi adalah perolehan aset fisik oleh perusahaan yang digunakan untuk mencapai tujuan, tonggak, dan sasaran bisnis jangka panjangnya.

 

Contoh aset yang dibeli sebagai modal investasi termasuk real estat, pabrik, dan mesin.

 

Uang yang digunakan untuk membeli aset ini dapat berasal dari berbagai sumber mulai dari pinjaman bank tradisional hingga pengaturan modal ventura.

 

Cara kerja modal investasi

Sebelum kita masuk ke pembahasan berbagai keuntungan investasi modal harian kecil, Anda harus terlebih dahulu memahami cara kerja ekuitas swasta.

 

Modal investasi adalah istilah luas yang dapat didefinisikan dalam dua cara berbeda.

 

Pertama, individu, kelompok modal ventura atau lembaga keuangan dapat menginvestasikan modal dalam bisnis. Uang dapat diberikan sebagai pinjaman atau sebagai bagian dari keuntungan. Dalam pengertian ini, modal investasi berarti uang tunai.

 

Kedua, eksekutif perusahaan dapat melakukan investasi ekuitas di perusahaan. Mereka membeli aset jangka panjang, seperti peralatan yang akan membantu bisnis berjalan lebih efisien atau tumbuh lebih cepat. Dalam pengertian ini, modal berarti aset fisik.

 

Either way, uang untuk modal investasi harus datang dari suatu tempat. Sebuah bisnis baru dapat mencari modal investasi dari berbagai sumber, termasuk perusahaan modal ventura, investor tradisional atau lembaga keuangan. Ketika sebuah perusahaan go public, ia menerima investasi modal skala besar dari banyak investor.

 

Perusahaan yang mapan dapat menginvestasikan modal menggunakan cadangan kasnya atau meminjam dari bank. Beberapa perusahaan juga dapat memilih untuk menerbitkan obligasi atau saham untuk membiayai investasi ekuitas.

 

Tidak ada modal minimum atau maksimum dalam modal investasi. Namun, untuk proyek-proyek besar yang dikerjakan oleh perusahaan di sektor padat modal seperti pertambangan, utilitas dan infrastruktur, tentu saja modal investasi yang dibutuhkan sangat tinggi.

 

Keuntungan modal investasi

Modal investasi memegang peranan penting dalam sebuah investasi. Karena dari modal ini Anda akan dapat mencapai tujuan investasi yang telah Anda tetapkan sendiri. Lalu apa saja keuntungan dari investasi modal?

 

  1. Modal investasi dapat digunakan untuk membangun strategi pertumbuhan jangka panjang.

 

  1. Perusahaan merencanakan dan menerapkan modal investasi untuk memastikan pertumbuhan di masa depan.

 

  1. Investasi ekuitas umumnya dilakukan untuk meningkatkan kapasitas operasional, memperoleh lebih banyak pangsa pasar dan menghasilkan lebih banyak pendapatan dan keuntungan.